Selasa, 31 Juli 2012

Transfer Pemain Chelsea

Transfer Pemain Chelsea

Memasuki akhir Juli, semua klub Sepakbola Eropa memiliki jatah waktu sebulan efektif untuk segera merampungkan kedatangan dan kepergian pemain mereka pada bulan Agustus nanti. Tidak terkecuali Chelsea yang telah sukses mendatangkan pemain-pemain berkelas  yaitu Eden Hazard, Oscar, Marko Marin, hingga Thorgan Hazard. Media Inggris memperkirakan Chelsea telah menghabiskan dana sekitar 65 juta poundsterling untuk mendatangkan pemain tersebut. Namun bisnis belanja Chelsea belum selesai sampai disini, sebagaimana telah dikemukakan oleh CEO Ron Gourlay dan RDM yang berkeinginan mendatangkan 2-3 pemain berkualitas lagi.
Transfer pemain sudah pasti menarik untuk disimak. Apalagi pada awal musim seperti ini. Banyak klub berbenah diri untuk memperkuat hingga melepas pemain akibat kondisi finansial. Chelsea sejauh ini di tiap musimnya selalu berani menginvestasikan uangnya dalam pembelian pemain muda dan pemain bintang, walaupun tidak diimbangi dengan penjualan pemain yang harganya diatas rata-rata. Sejauh ini hanya Arjen Robben yang dibeli seharga 18 juta euro dan dijual tinggi ke Real Madrid seharga 35 juta euro. Pemain bintang lainnya (Drogba, Kalou, Bosingwa, Ballack, dll) kebanyakan dilepas dengan status free transfer yang mana secara finansial cukup merugikan Chelsea.
Pada posting sebelumnya, saya telah menjelaskan mengenai siapa saja pemain yang telah datang dan pergi dan pemain mana saja yang dirumorkan akan bergabung dengan Chelsea. Oleh karena itu, dalam postingan kali ini saya akan menulis mengenai beberapa pemain first team yang dirumorkan akan dilepas Chelsea tahun ini beserta alasan mengapa ia dirumorkan dilepas dan klub mana yang telah mengincar jasanya.

Fernando Torres
Usia : 28
Perkiraan Harga : 20 juta euro
Klub yang mengincar : Juventus, Atletico Madrid, Anzhi
12 gol dalam 1,5 musim bersama Chelsea untuk ukuran seorang striker sekelas Fernando Torres kerap membuat namanya disebut sebagai biang kegagalan Chelsea dalam meraih gelar Premiership. Striker seharga 50 juta poundsterling ini juga sempat mengeluh mengenai masa depannya bersama Chelsea ketika kalah bersaing dengan Didier Drogba pada final Liga Champions. Juventus ditawarkan tertarik untuk membeli Torres karena mereka tidak memiliki stok penyerang kelas 1. Selain itu, Atletico Madrid dikabarkan juga bersedia mendapatkan Torres plus sejumlah uang untuk melepas striker mereka, Falcao. Namun pihak Chelsea sendiri enggan melepas Torres karena kepergian Drogba dan Salomon Kalou. Meskipun begitu, Chelsea tetap memburu striker untuk sebagai back up Torres sekaligus memberikan kompetisi bagi Torres dalam merebut posisi striker The Blues.

Daniel Sturridge
Usia : 22
Perkiraan Harga : 15 juta euro
Klub yang mengincar : Tottenham Hotspurs, Arsenal, Manchester City, Liverpool
Sturridge adalah pemain muda yang cukup egois ketika sedang membawa bola. Namun harus diakui bahwa ia adalah penyerang tersubur Chelsea dengan mengoleksi 16 gol di seluruh kompetisi. Sejak kedatangan RDM, ia jarang mendapat tempat di striker maupun di posisi sayap kanan karena harus kalah bersaing dengan Ramires dan Salomon Kalou yang aktif membantu pertahanan sisi kanan Chelsea. Hal itu terjadi karena Sturridge pada dasarnya bukanlah seorang pemain sayap kanan dan ia tidak menyukai posisi tersebut. Namun dengan minimnya stok penyerang Chelsea, kemungkinan ia dilepas sangatlah kecil meskipun kontraknya menyisakan 1 tahun lagi.
David Luiz
Usia : 25
Perkiraan Harga : 35 juta euro
Klub yang mengincar : Barcelona
Luiz merupakan defender papan atas yang lengkap meskipun kerap bermain dengan positioning dan decision yang agak gegabah. Namun tidak jarang juga ia mampu membantu serangan dengan gol maupun umpan akurat jarak dekat maupun jarak jauh. Keahliannya itu membuat ia dilirik Barcelona yang hanya memiliki Puyol dan Pique sebagai bek tengah murni kelas atas. Banderolnya pun cukup tinggi seharga 35 juta euro. Pihak Chelsea tidak ada niat untuk melepas Luiz saat ini. Namun dengan banderol yang tinggi seperti itu untuk seorang pemain bertahan, bukan tidak mungkin segala sesuatu akan berubah.
Raul Meireles
Usia : 29
Perkiraan Harga : 9 juta euro
Klub yang mengincar : Juventus, Napoli
Meireles merupakan pemain yang namanya sempat dikaitkan untuk dibeli Napoli dan Juventus. Hal ini terjadi lantaran Chelsea membeli beberapa gelandang serang muda seperti Hazard, Marin, dan Oscar. Ia pun harus bersaing dengan pemain tengah seperti Lampard, Mikel, Essien, McEachran, Romeu, dan Ramires. Meireles sendiri belakangan sempat mengatakan bahwa masa depannya belum dapat dipastikan dan ia pun merupakan pemain yang sempat protes keras dengan pemecatan AVB. Secara obyektif, Meireles memang dapat dilepas dengan harga yang cukup sesuai sebelum harganya turun atau pergi dengan status free transfer. Namun secara subyektif, saya sangat menyukai Meireles yang merupakan gelandang yang berani bertarung serta melepaskan tembakan jarak jauh yang akurat. Untuk menjadi  pemain pelapis pun, Meireles memiliki segala kualitas yang dibutuhkan.

Yossi Benayoun
Usia : 32
Perkiraan Harga : 4 juta euro
Klub yang mengincar : Arsenal, Fulham, Lille
Yossi adalah pemain yang sebenarnya lebih banyak menghabiskan waktu di ruang medis Chelsea dan di bangku cadangan Arsenal ketika dipinjamkan musim lalu. Dengan usianya yang menginjak 32 dan datangnya sejumlah pemain muda papan atas, Yossi sebaiknya segera dilepas atau hanya akan membebani pengeluaran Chelsea. Disamping itu, faktor pengalaman Yossi akan menjadi hambatan bagi pemain akademi untuk lebih sering mendapatkan kesempatan (Piazon dan Kakuta).
Romelu Lukaku
Usia : 19
Perkiraan Harga : 12 juta euro
Klub yang mengincar : Hamburg, Werder Bremen, Fulham, West Ham
Harus diakui bahwa Lukaku adalah wonderkid dengan mampu menjadi top skorer di Liga Belgia ketika masih berusia 17 tahun. Bagaimanapun juga, sangat minimnya kesempatan Lukaku bermain di musim lalu setidaknya menjelaskan 2 hal: Pertama, Lukaku belum siap main di tim utama Chelsea. Kedua, Lukaku mengalami masa vakum yang mempengaruhi ritme permainannya. Artinya adalah, Lukaku perlu beradaptasi lebih baik lagi dengan Liga Inggris. Menurut saya, apabila Chelsea tidak mampu membeli penyerang hingga akhir musim, sebaiknya Lukaku dipinjamkan ke klub yang dapat menjaminnya bermain secara reguler. Karena akan sangat buruk bagi perkembangan Lukaku apabila ia hanya menghabiskan waktunya di bench Chelsea, yang terkenal bermain dengan 1 striker saja, sebagai pelapis Torres dan Sturridge.
Michael Essien
Usia : 29
Perkiraan Harga : 10 juta euro
Klub yang mengincar : Juventus, Anzhi
Essien bukanlah pemain yang sudah terlalu tua meskipun dapat digolongkan sebagai pemain senior di Chelsea. Namun cedera yang cukup lama di beberapa musim membuatnya tak pernah kembali pada performa terbaiknya sebagaimana ia sewaktu bermain dibawah arahan Jose Mourinho. Secara subyektif, saya ingin melihatnya dijual karena potensi Mikel, Lampard, Ramires, Oscar, Romeu, dan McEachran jauh lebih bermanfaat karena tidak mengandalkan kekuatan fisik saja tetapi juga teknik. Berbicara mengenai kekuatan fisik Essien pun, saya meragukan apakah ia dapat kembali seperti dulu mengingat lamanya masa vakum dan usianya akan mulai memasuki kepala 3. Namun secara obyektif, Essien tetap harus dipertimbangkan sebagai gelandang tengah Chelsea karena apabila ia berada dalam kondisi fit, kekuatan fisiknya belum ada yang menandingi di Chelsea. Ia juga bersedia dan mampu bermain di posisi apapun untuk Chelsea sehingga ia layak dipertahankan. Disamping Ess sendiri menyatakan komitmennya bersama Chelsea.
Florent Malouda
Usia : 32
Perkiraan Harga : 5 juta euro
Klub yang mengincar : Santos, Vasco Da Gama, Internacional, PSG
Malouda merupakan pemain yang kurang disukai fans Chelsea karena kerap bermain egois dan berambisi mencetak gol. Fans menginginkannya untuk pergi karena menurunnya performa Malouda dalam 2 musim terakhir. Dan saya sangat mengerti hal itu meskipun menurut saya, Malouda merupakan definisi sebenarnya pemain yang terlupakan. 2 musim lalu, ia mampu mencetak gol terbanyak (12) dan menciptakan peluang terbanyak di EPL yang tidak dapat dimanfaatkan rekan-rekannya. Sedangkan musim sesudahnya, ia harus berkorban dengan bermain di posisi gelandang tengah akibat cederanya Lampard yang mengakibatkan performanya jauh menurun. Terlebih lagi, di musim lalu ia kalah bersaing dengan Juan Mata sehingga perannya semakin terpinggirkan. Padahal musim lalu, Malouda merupakan pencetak gol pertama Chelsea kala melawan Stoke 1-1 dan juga mencetak gol kala melumat Spurs 5-1 di semifinal FA Cup sebagai pemain pengganti. Artinya, Malouda masih berguna sebagai winger pelapis apalagi ia merupakan pemain berkaki kiri sehingga cepat dalam melakukan crossing dari sisi kiri. Namun karena faktor usia, tingginya gaji, gaya bermain, serta kedatangan sejumlah pemain sayap Chelsea yang berkualitas membuatnya menjadi salah satu nama teratas untuk dijual Chelsea. Ia pun menyatakan ingin bergabung dengan klub Brazil apabila Chelsea berniat menjualnya.
Paulo Ferreira
Usia : 33
Perkiraan Harga : 1 juta euro
Klub yang mengincar : FC Porto, SL Benfica, Blackburn Rovers
Ketika Ferreira mampu bermain baik kala Chelsea mengalahkan Benfica tandang, banyak yang beranggapan bahwa Ferreira belumlah habis. Disatu sisi, Ferreira merupakan loyalis Chelsea karena bersedia bermain di bek kanan, bek kiri, hingga bek tengah. Ia juga tidak pernah berkomentar dan mengeluh ketika dicadangkan. Namun di sisi lain, sesungguhnya Ferreira merupakan pemain yang ambisius untuk bermain secara reguler, sehingga mengakibatkan minimnya kompetisi untuk sektor bek sayap. Kita bisa lihat musim lalu dimana Bosingwa benar-benar buruk dalam bermain namun tetap menjadi pilihan kedua ketika Ivanovic cedera atau terkena larangan main, bukan Ferreira. Selain itu, keberadaan Ferreira yang dinilai berpengalaman sempat mempersulit masuknya Ryan Bertrand sebagai pelapis Ashley Cole.  Ia sempat dikabarkan diincar oleh sejumlah klub di Portugal namun ia menolak semua tawaran tersebut.
Josh McEachran
Usia : 19
Perkiraan Harga : 5 juta euro
Klub yang mengincar : Liverpool, Fulham, Wigan, West Brom
Josh gagal bersinar ketika dipinjamkan ke Swansea musim lalu. Hal ini menimbulkan spekulasi mengenai nasib Josh musim ini: apakah ia akan bermain di Chelsea atau akan dipinjamkan ke klub lain karena ia dianggap masih terlalu muda untuk mampu berkompetisi di tim inti Chelsea. Namun hingga tulisan ini saya post, belum ada kepastian mengenai kemana ia akan bermain di musim depan. Saya berharap musim ini ia tidak dipinjamkan dan bermain sebagai pelapis senior di kompetisi-kompetisi minor seperti FA Cup dan Carling Cup. Meskipun begitu, apabila Josh tersedia untuk dipinjamkan, sangat banyak klub yang tertarik untuk menggunakan jasanya.
Gael Kakuta
Usia : 22
Perkiraan Harga : 4 juta euro
Klub yang mengincar : Wigan, Sunderland, Aston Villa
Gael Kakuta mengalami pasang surut karir selama dipinjamkan diluar Chelsea. Hal ini terjadi karena meskipun ia bermain baik bersama Sporting Dijon, ia mengalami perseteruan dengan pelatih yang mengakibatkan ia tidak bermain di 3 laga terakhis dan kembali ke Stamford Bridge. Kakuta sendiri menegaskan ia tidak ingin lagi dipinjamkan dan lebih memilih untuk dijual apabila tidak dapat bermain bersama tim inti Chelsea musim ini.
Hilario
Usia : 36
Perkiraan Harga : 500 ribu euro
Klub yang mengincar : -
Hilario bukanlah kiper yang mampu memberikan persaingan pada Petr Cech dan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kepindahan dari Stamford Bridge. Menariknya adalah, meskipun kerap dibangkucadangkan, Hilario mendapatkan perpanjangan kontrak dalam 2 tahun terakhir yang masing-masing berdurasi 1 tahun. Hilario benar-benar merupakan definisi pemain "makan gaji buta" karena setelah Januari, ia tidak didaftarkan Chelsea untuk dapat berlaga di Liga Champions. Adapula spekulasi yang menyatakan bahwa Hilario akan segera mendapatkan kontrak sebagai staf atau pelatih Chelsea.
Ross Turnbull
Usia : 27
Perkiraan Harga : 2 juta euro
Klub yang mengincar : -
Idem dengan Hilario. Bedanya, Turnbull setidaknya masih dipercayakan untuk bermain meskipun selalu bermain buruk ketika dipercayakan. Meskipun pernah menjadi kiper no.1 Middlesbrough (dan langsung terdegradasi ketika ia menjadi kiper utama), Turnbull benar-benar terlihat seperti amatir. Tidak ada pula rumor kepindahan atau ketertarikan klub untuk menggunakan jasanya. Namun menurut saya, ia adalah salah satu pemain yang sebaiknya segera dijual musim ini bersama Hilario, agar Jamal Blackman (kiper junior Chelsea) dan Thibaut Courtois dapat bersaing di musim depan.
Kevin De Bruyne
Usia : 20
Perkiraan Harga : 7 juta euro
Klub yang mengincar : Werder Bremen
Performanya ketika Chelsea menjalani pra-musim tidak cukup memuaskan. Hal ini membuat De Bruyne dan pihak klub bersepakat untuk meminjamkannya ke klub lain meskipun musim lalu telah dipinjamkan ke RC Genk dan tampil gemilang. Werder Bremen dikabarkan siap menampung pemain yang dijuluki "The New Sneijder" ini namun Chelsea masih menunggu tawaran dari klub Liga Inggris agar ia lebih mudah beradaptasi bersama Chelsea di musim selanjutnya.
Oriol Romeu
Usia : 20
Perkiraan Harga : 4 juta euro
Klub yang mengincar : Bolton, Fulham
Selama berada dibawah asuhan AVB, Romeu merupakan salah satu pembelian yang cukup bersinar kala Mikel dan Essien tidak dapat dimainkan sebagai gelandang bertahan. Namun dengan banyaknya stok pemain tengah Chelsea membuat peluang Romeu untuk bermain di tim inti sedikit tertahan. Belum ada kepastian ia akan dipinjamkan atau tidak karena ia baru saja memperkuat timnas Spanyol di Olimpiade.
Nathaniel Chalobah
Usia : 17
Perkiraan Harga : 2 juta euro
Klub yang mengincar : Watford
Chalobah memang belum pernah memperkuat tim senior Chelsea selama 90 menit. Namun kemampuan mantan kapten timnas Inggris U-17 ini cukup menjanjikan. Musim ini ia disertakan untuk ikut tour bersama tim senior Chelsea ke Afrika dan beberapa kali bermain sebagai bek kanan meskipun bukan posisi naturalnya. Chalobah merupakan pemain muda yang mampu bermain sebagai bek maupun gelandang dan Watford dikabarkan ingin meminjamnya. Seajuh ini belum ada konfirmasi dari pihak klub meskipun banyak pakar berpendapat apabila Chalobah dipinjamkan, ia diyakini akan mampu mengeluarkan seluruh potensinya.
Thorgan Hazard
Usia : 19
Perkiraan Harga : 1 juta euro
Klub yang mengincar : Vitesse
Meskipun belum genap sebulan bergabung, Thorgan dikabarkan akan segera dipinjamkan ke Vitesse, klub feeder Chelsea di Eredivisie. Namun pihak Chelsea masih menunggu perkembangan selanjutnya apakah sebaiknya Thorgan dipinjamkan atau bertahan dulu selama semusim di Chelsea dan belajar dari sang kakak, Eden Hazard. Sejauh ini hanya dua kemungkinan tersebut yang bisa dijadikan opsi, karena Thorgan dianggap sama sekali belum siap memperkuat tim senior Chelsea apabila kita melihat performanya dalam semusim terakhir bersama RC Lens.
Itulah pemain-pemain tim senior yang dikabarkan akan dilepas Chelsea. Semua masih dalam tahap rumor dan spekulasi saja. Namun secara pribadi saya mengharapkan agar pemain yang akan dilepas, dilepas secepatnya dengan harga yang pantas. Demi kebaikan Chelsea secara finansial, pembelian pemain baru, maupun demi kebaikan pemain itu sendiri.