Selasa, 31 Juli 2012

Berhenti Merokok Cuma di Bulan Puasa? Jangan Dong!


Karena harus menahan hawa nafsu di siang hari selama Ramadan, banyak perokok yang berhasil mengurangi jumlah rokok yang dihisapnya atau bahkan berhenti sama sekali. Lalu setelah Ramadan merokok lagi? Jangan dong!

Berdasarkan pengalaman dr Tribowo Tuahta Ginting, SpKJ yang bergabung menjadi tim dokter di Klinik Berhenti Merokok RSUP Persahabatan, memang cukup banyak pasiennya yang berhasil mengurangi konsumsi rokok, bahkan ada yang berhasil berhenti total.

"Dari pengalaman beberapa pasien memang lebih gampang untuk berhenti karena untuk ibadah jadi tidak merasa terbebani," jelas dr Tribowo Tuahta Ginting, SpKJ, dokter spesialis Kedokteran Jiwa dari RSUP Persahabatan.

Menurutnya, yang paling banyak adalah yang berhasil mengurangi jumlah konsumsi rokok, misal yang tadinya 1 bungkus sehari menjadi 3 batang.

Ada pula yang berhenti namun hanya sebulan selama Ramadan atau hingga 2 bulan setelahnya. Selebihnya kembali lagi menghisap batang 9 cm mengandung nikotin tersebut. Tapi yang sudah memiliki niat kuat, Ramadan juga sering dijadikan momentum untuk berhenti merokok secara total.

"Kalau seperti itu biasanya saya ngomong, kenapa tidak dilanjutkan karena modalnya kan sudah ada, minimal sudah bisa mengurangi jumlahnya. Kan sayang," lanjut pria kelahiran Palangkaraya, 19 Februari 1977.

Momen Ramadan dianggap lebih mudah untuk berhenti merokok karena si perokok sudah memiliki niat untuk berpuasa, yang artinya juga tidak diperbolehkan untuk merokok. Orang berpuasa juga diharuskan menahan hawa nafsu, perilaku dan tindak tanduk.

Ditambah lagi dukungan dari lingkungan sekitar yang kebanyakan sedang berpuasa dan tidak diperbolehkan merokok.

Namun, kebiasaan merokok akan kembali seperti biasa karena perokok merasa batasan hawa nafsunya sudah terlewati. Lingkungan di sekitar juga mempengaruhi karena kebanyakan perokok akan kembali ke kebiasaan lamanya.

"Si perokok sendiri sebenarnya menyadari kalau itu sayang, tapi dia merasa batasan hawa nafsunya sudah terlewati. Padahal ketika dia niat untuk berpuasa, dia sudah bisa mengurangi kebiasaan tersebut, karena kunci untuk berhenti kan niat," tandas dr Tribowo, yang bergabung menjadi tim dokter di Klinik Berhenti Merokok RSUP Persahabatan.