Jumat, 20 Juli 2012

MENJADI PENYIAR RADIO ITU MUDAH TIDAK PERLU MENGANDALKAN TAMPANG


HELLOOOO
TAU GA LO...!!!!!!!!!!!!! 

MENJADI PENYIAR RADIO ITU MUDAH
TIDAK PERLU MENGANDALKAN TAMPANG

Profesi sebagai penyiar radio ( announcer ) mempunyai nilai seni yang sangat tinggi, karena dengan kreatifitas pengolahan kata yang diucapkan oleh seorang penyiar radio mampu menghipnotis pendengar . Bahkan dengan gaya bicara yang khas mampu menarik perhatian setiap orang yang mendengarkan. Tak hanya mengandalkan suara sang penyiar, banyak informasi disertai alunan lagu yang merdu pun akan di hantarkan ke ruang dengar Anda untuk menjadi teman setia selagi Anda beraktifitas.
Pernahkah Anda bermimpi menggeluti profesi seperti penyiar radio yang Anda dengarkan ?” jika “iya” , “sudahkah Anda memulai untuk berlatih?” jika “belum” , berarti sekaranglah saatnya Anda berlatih menggeluti profesi tersebut.
“Apakah mudah untuk menjadi penyiar radio ?”. Saya sarankan jangan pernah mengatakan “sulit” jika sekalipun Anda belum pernah mencoba untuk berlatih. 

Dude Mandalayuda Mrc
Penyiar radio MarconyFM Majene



 “Bagaimana caranya?”
Tak perlu suara merdu
Jangan berkecil hati jika anda mempunyai suara yang biasa biasa saja, bahkan mungkin Anda merasa suara Anda sangatlah cempreng.Tak harus mereka yang ditakdirkan mempunyai suara merdu yang berpeluang besar untuk menjadi seorang penyiar radio, Anda pun BISA. Karena dengan pengetahuan luas Anda sudah mampu mempunyai peluang yang besar. Apalah gunanya suara merdu jika tidak mempunyai skill yang hebat.
Yang terpenting adalah suara dengan gaya bicara yang santai, sopan dan bersahabatlah yang nyaman didengar.

MENJADI PENYIAR RADIO HANYA DENGAN MODAL 3P :

Percaya Diri
Percaya diri adalah kunci utama menjadi penyiar radio. Rasa takut gagal hanya akan merusak pikiran, bulatkan tekad dan percaya bahwa Anda bisa. Jika Anda sekarang sudah memiliki sikap seperti itu berarti Anda berpeluang besar.
Pandai Bercakap
Maksud dari pandai bercakap di sini adalah pandai menyusun kalimat dengan kata kata yang menarik dan mengandung informasi sehingga obrolan tidak terdengar garing dan basi. Selain itu, ketangkasan dalam berbicara juga sangat penting supaya mampu mengalihkan pembicaraan saat merasa down sehingga Anda tidak akan kehabisan kata kata.
Bercakap yang baik perlu banyak berlatih dengan mengembangkan satu kata ( misalnya cuaca) menjadi kalimat singkat yang menarik. Selain itu, sering seringlah meringkas informasi apapun kemudian dikembangkan dengan kata kata Anda sendiri lalu coba di praktekkan dengan merekam suara Anda ke alat rekaman. Dengan cara seperti itu Anda akan memgetahui kemampuan berbicara Anda.
Pengetahuan yang Luas
Penyiar radio dituntut bahkan diwajibkan untuk memperluas pengetahuannya, terutama tentang musik, minimal mengerti dan hafal nama nama grup Band atau penyanyi dan judul lagunya. Tidak mungkin jika seorang penyiar radio tidak paham mengenai penyanyi dan judul lagu yang diputarnya.
Anda bisa memperluas pengetahuan dengan cara :
Sering membaca buku, koran, majalah, nonton tv, mendengarkan radio, browsing di internet dan banyak bergaul dengan teman teman.

Ecky Rahman Handak
Penyiar radio RasFM Mamuju

Siapapun bisa menjadi seorang penyiar radio , pelajar SMP, pelajar SMA, dan mahasiswa. Meskipun banyak tugas dan kegiatan di sekolah atau di kampus, profesi tersebut tidak akan menyita banyak waktu, bisa dijadikan sebuah hobi yang paling menyenangkan karena bisa menghasilkan uang.
Apakah Anda sudah bekerja ? tak ada salahnya apabila Anda juga merangkap menjadi penyiar radio, selain mempunyai pekerjaan ganda, penghasilan Anda pun akan bertambah . Dan pastinya waktu kerja Anda tidak akan berantakan hanya karena menggeluti profesi sebagai penyiar radio. Profesi tersebut hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam per hari.
Jadi , jika sekarang Anda sudah berfikir matang untuk mencobanya, Anda bisa berlatih mulai dari sekarang. Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar dengan kata-kata yang Sopan